PT. KFM Bantu Air Bersih Desa Tuntang

PT Koninis Fajar Mineral (KFM), saat melakukan pengeboran air bersih di Desa Tuntung, Kecamatan Bunta, Senin (18/10). [Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST-Sebuah perusahaan nikel PT Koninis Fajar Mineral (KFM), yang terletak di Kecamatan Bunta, tengah melakukan pengeboran air di Desa Tuntung. Ini dimaksud agar air dari hasil pengeboran tersebut bisa dinikmati oleh 407 jiwa yang ada di Desa tersebut. “Pengeboran air ini untuk keperluan air bersih masyarakat di Desa Tuntung,” tutur Dept. Community Development, Triwydy Kuncoro, Senin (18/10).

Ia mengaku, aksi pengeboran air tersebut juga merupakan program prioritas Comdev di bulan ini (Oktober), yang bekerjasama dengan dept. Eksplorasi. “Ini untuk masyarakat dusun satu, karena kalau musim penghujan, endapan material yang ada di intake (jaringan lama) terikut sampai ke sambungan rumah,” ungkapnya.

Adapun waktu pelaksanaan pengeboran air tersebut yakni paling lama satu bulan. “Kita kejar paling lama sebulan,” terangnya.
Triwydy mengaku, kegiatan pengeboran air ini juga sebagai langkah awal untuk meningkatkan aksesĀ layanan air minum, dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan khususnya masyarakat yang masih menggunakan jaringan air bersih yang lama. (gom)