Syarat Pemenang Tender Didasarkan Tahapan Evaluasi

LUWUK, SULTIMNEWS.INFO- Syarat untuk memenangkan tender, ditetapkan berdasarkan kebutuhan untuk pelaksanaan teknis pekerjaan dilapangan yang diajukan oleh PPK dan pemenuhan persyaratan pada tahapan evaluasi.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan jasa, I DW Gede Supatriagama menjelaskan. Mengenai persayaratan tender, tergantung pada jenis pengadaanya.

Apakah itu pekerjaan kontruksi, pengadaan barang, hingga jasa konsultasi dan jasa lainnya yang secara terinci diatur dalam dokumen pemilihan.

“Persyaratan juga ditetapkan berdasarkan kebutuhan untuk pelaksanaan teknis pekerjaan dilapangan yang diajukan oleh PPK,” Ujar dia, saat dikonfirmasi Harian Luwuk Post. Senin (15/11)

Disebutkannya, secara umum juga persyaratan menyesuaikan dengan tahapan evaluasi. Seperti mulai dari evaluasi administrasi, evaluasi teknis, bahkan evaluasi kualifikasi, hingga evaluasi harga dan pembuktian kualifikasi.

Selain itu, untuk ditetapkan sebagai pemenang tender kata dia, jika evaluasinya menggunakan sistem gugur harga terendah, dilakukan terhadap penyedia yang berhasil memenuhi seluruh persyaratan dan menawarkan harga terendah.

Terkait jika terdapat perubahan item pekerjaan, kata dia, tergantung dari jenis kontraknya. Disebutkannya, jika menggunakan kontrak lumsum maka tidak memungkinkan ada perubahan.

Sementara itu, jika menggunakan kontrak harga satuan, masih dimungkinkan terjadi perubahan untuk volume pekerjaan baik tambah maupun kurang atau biasa dikenal CCO.
Dengan catatan, jika penambahan terjadi pada volume yang merupakan harga satuan timpang, maka harga satuan timpang hanya berlaku pada volume awal, sedangkan volume tambahan menggunakan harga satuan baru berdasarkan hasil negonisiasi,

“Sedangkan jika CCO ini menyebabkan penambahan nilai kontrak, maka penambahannya, hanya diperbolehkan maksimal 10% dari nilai kotrak. Semua perubahan terkait kontrak harus disepakati kedua belah pihak yang dituangkan dalam amandemen atau addendum kontrak,”jelasnya. (dat)