Bersama Ketua KPPU Wilayah VI Makasar, Fakultas Hukum Unismuh Luwuk Menggelar Kuliah Umum

Rektor Unismuh Luwuk, Dr.Sutrisno K Djawa saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan kuliah umum oleh Fakum Unismuh Luwuk, Sabtu 15 Oktober 2022. [Dokumentasi/ SultimNews.id]

SultimNews.id – Hadirkan Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU)  wilayah VI Makasar,  Fakultas Hukum (Fakum) Universitas Muhammadiyah (Unismuh)  Luwuk Menggelar Kuliah Umum,  pada Sabtu sore,  15 Oktober 2022.

Kuliah umum tersebut membawakan tema ‘Hukum Persaingan Usaha dan Tantangan di Era Digital’. Materi itu dibawakan langsung oleh Ketua KPPU wilayah VI Makasar (Meliputi Sulawesi) Hilman Pujana,S.E.,M.H.

Kegiatan juga turut dihadiri Rektor Unismuh Luwuk, Dr.Sutrisno K Djawa, Dekan Fakum Unismuh Luwuk Dri Sucipto, serta Wakil Dekan (WD) I dan WD III Fakum Unismuh Luwuk beserta sejumlah civitas akademik Unismuh Luwuk lainnya hingga peserta mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, Rektor mengucapkan selamat datang kepada Ketua KPPU Wilayah VI yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa hadir dan memberikan kuliah umum.

“Saya juga berterimakasih kepada pihak panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan kuliah umum ini,”ujar Dr.Sutrisno dalam sambutannya sekaligus membuka kuliah umum pada Sabtu, di pelataran kampus Unismuh Luwuk, 15 Oktober 2022 itu.

Rektor berkata, tema yang dibawakan dalam kuliah umum ini, bertepatan memang merupakan sebuah instruksi dari Kemendikbudristek.

Rektor mengatakan, bahwa dirinya begitu tertarik dengan tema kuliah umum kali ini. Menurut dia, di era ini sudah saat nya untuk melakukan transformasi, terlebih mampu dalam membaca perkembangan kondisi globalisasi teknologi saat ini.

Selain itu, kata Rektor, yang perlu dicermati dalam kuliah umum ini, teman-teman mahasiswa bisa menjadikannya sebagai bahan riset, bagaimana ekosistem digitalnya bisa menjadikan lawan persaingan usahanya sendiri.

“Sehingganya melalui kesempatan ini, mahasiswa dapat mengambil manfaat serta bisa melakukan sharing bersama narasumber langsung, hingga bisa menambah wawasan digital,” ungkapnya.

Disamping itu, Ketua KPPU wilayah VI Makasar, Hilman Pujana dalam kesempatannya, dirinya turut membawakan sejumlah pengenalan materi yang berkaitan dengan tema kuliah umum.

Ketua KPPU wilayah VI Makasar, Hilman Pujana,S.E.,M.H ketika memberikan materi dan memaparkan tugas dan wewenang KPPU dihadapan mahasiswa kampus hijau Unismuh Luwuk. [Dokumentasi/ SultimNews.id]
Dia pun menjelaskan mengenai tugas dan fungsi KPPU, dalam hal ini tentunya bagaimana menciptakan usaha-usaha yang kondusif.

Dalam materi pengantarnya, Hilman menganalogikan, bagaimana menciptakan ekosistem yang bisa membuat para pelaku usaha ini dapat tumbuh dan berkembang serta berusaha yang lebih baik.

Seperti kolam ikan,  kalau airnya bagus tentunya ikannya akan sehat, hal pertama inilah yang perlu dijaga, sebab jika dianalogikan, sumber air itu seperti regulasi.

Disebutkannya, kalau regulasinya mendukung, apalagi dalam hal ini tidak memberikan tips kepada perusahaan tertentu kemudian menciptakan kesempatan yang sama kepada pelaku usaha yang sama.

“Nah hal inilah yang kemudian menjadi tugas-tugas KPPU, agar bagaimana melakukan penyaringan terhadap sumber-sumber yang ada,”tuturnya.

Tak hanya tugas, Hilman juga memaparkan  terkait wewenang KPPU tentang  melakukan penegakan hukum yang disebutkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) Nomor 5 Tahun 1999.

Dalam pemberian materi itu, Ketua KPPU wilayah VI Makasar juga melibatkan dan berinteraksi secara langsung bersama mahasiswa guna memberikan contoh dan pemahaman yang berkaitan dengan dunia usaha monopoli. (dat)