IMM Banggai Gelar Dialog Publik Tentang “Menguji Demokrasi”

Dialog Publik Menguji Demokrasi yang diselenggarakan IMM Banggai, di pelataran kampus UMLB, Senin (12/3) [ Foto/Istimewa]

SultimNews.info – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Banggai menggelar dialog publik tentang Menguji Demokrasi, yang bertempat di pelataran kampus Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB), pada Senin (12/3).

Dialog Publik tersebut tentunya mengusung tema persiapan penyelenggara, komitmen peserta pemilu serta jaminan penegakan hukum menuju Pemilu 2024 untuk Banggai yang sejahtera.

Agenda dialog juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IMM Banggai yang ke-59.

Ketua Umum IMM Banggai UMLB, Rifaldi Sibay mengatakan, ucapan terimakasih kepada peserta dialog, yang telah meluangkan waktunya untuk bisa hadir di tempat ini.

Ia menuturkan, agenda dialog ini sebagaimana ingin mengetahui persiapan dalam proses penyelenggara Pemilu 2024 dan Pengawasan serta jaminan keamanan menjelang pemilu.

Dalam sambutan Rektor UMLB, Dr.Sutrisno K Djawa menyampaikan, turut mengapresiasi tema dialog yang dibawakan. Dirinya menilai, tema yang dibahas merupakan isu berskala Nasional.

“Tema ini sangat luar biasa, apalagi membahas tentang Kesiapan Pemilu 2024,”ucap Rektor.

Menurutnya, jika dilihat dari kacamata seorang Ekonomi, tema ini sama halnya dengan efisien dan efektif.

Artinya dalam penyelenggara tentunya membutuhkan kesiapan, atau bagaimana menentukan strategi oleh KPU Banggai maupun pihak Bawaslu untuk menuju Pemilu 2024 nanti.

 

Sebab persiapan adalah hal yang sangat penting. Sebagaimana melihat pengalaman tahun 2019, ada banyak penyelengara KPU yang mengalami meninggal.

“Sehingga Dalam rangka dialog ini, kita akan membahas bagaimana regulasi persiapan sebagai penyelenggara,” tuturnya.

Rektor berpesan, diharapkan bagi peserta agar bisa memanfaatkan dialog tentang Menguji Demokrasi ini dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, diakhir sambutannya, Rektor pula membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dan kegiatan dilanjutkan dengan dialog atau diskusi Publik.

Informasi lainnya, ada lima materi yang dibahas saat dialog publik berlangsung, pertama yaitu Kesiapan KPU dalam penyelenggara pemilu 2024, ke dua, kesiapan dan ketegasan Bawaslu dalam menyikapi pelanggaran pemilu terhadap peserta pemilu.

Kemudian ke tiga, Komitmen partai politik yang adil dan bersih dari money politik, Balck campaign dan ujaran kebencian.

Ke empat, Visi dan Misi partai politik dalam membangun Kabupaten Banggai kedepan, ke lima, jaminan pihak kepolisian dan Kejaksaan dalam menjaga stabilitas keamanan serta menindak tegas pelanggaran pidana pemilu.

Disamping itu, IMM Banggai juga turut menghadirkan narasumber dari KPU Banggai dan Bawaslu Banggai serta pihak Kepolisian.

Hadir dalam kegiatan itu, Rektor UMLB Dr.Sutrisno K Djawa, Komisioner KPU Banggai Makmur Manesa, Komisioner Bawaslu Banggai Ridwan, Perwakilan Polres Banggai serta Dekan-Dekan UMLB, Ketua atau perwakilan Partai se-Kabupaten Banggai, Ketua Cipayung dan Ketua Paguyuban hingga Ketua IMM se-UMLB. (dat)