Hijaukan Desa Louk, SMAN 1 Luwuk Lakukan Aksi Tanam Pohon

SMAN 1 Luwuk bersama Pemcam Luwuk Timur dan Yayasan Pemerhati Lingkungan Banggai lakukan aksi penghijauan di Desa Louk, pada Sabtu 5 Agustus 2023. [Foto : Istimewa]

SultimNews.info  – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Luwuk bersama Pemerintah Kecamatan Luwuk Timur dan Yayasan Pemerhati Lingkungan Banggai melakukan aksi penghijauan di Desa Louk, pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Aksi penghijauan itu dalam rangka menyambut atau meyemarakan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78.

Kegiatan ini turut mengusung tema “Penanaman Pohon Pelindung Untuk Pencegahan Abrasi”, diikuti puluhan siswa siswi SMAN 1 Luwuk.

Kepala Sekolah SMAN 1 Luwuk, Drs. Ardi mengatakan, selain menyemarakan HUT Kemerdekaan RI, ini bertujuan menjadikan budaya serta memberikan edukasi kepada peserta didik terhadap lingkungan.

Dia menjelaskan, bahwa lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi serta pengaruh terhadap kelangsungan hidup.

“Dengan begitu kita dapat tinggal dengan nyaman dan tentram, sehingga perlu menjaga kelestarian lingkungan hidup,”kata Drs. Ardi yang juga guru mata pelajaran Biologi ini.

Sebab kata Drs. Ardi, menjaga lingkungan agar tetap asri dan terawat perlu dilakukan oleh setiap orang. Jika tidak dibudayakan, kerusakan lingkungan akan terjadi di kemudian hari.

Sekretaris Camat Luwuk Timur, Akram Budjang memberikan apresiasi kepada keluarga besar SMAN 1 Luwuk, karena kegiatan Agustus kali ini dilakukan dengan aksi penghijauan.

“Semoga pohon yg di tanam bukan hanya menjadi kesan bahwa  kita pernah menanam pohon di desa Louk akan tetapi pohon yg di tanam akan lebih merangsang masyarakat setempat utk merawat dan menjaga pohon dan lingkungannya,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pemerhati Lingkungan. Kabupaten Banggai, Fathiyah Suryani Mile turut memberikan sosialisasi tentang Lingkungan.

dirinya mengajak untuk menjaga kelestarian lingkungan, sebab lingkungan merupakan sumber utama penghidupan manusia. Di mana, menjadi penopang manusia dalam bidang sandang, pangan dan papan.

“Sehingga apabila lingkungan tidak dijaga, maka itu sama saja mengancam kehidupan umat manusia,”terangnya.

Dikatakan, berlangsung aksi penanaman penghijauan tersebut, ada hal menarik yang dilakukan peserta, di mana, selama penghijauan mereka tidak menggunakan air minum kemasan, akan tetapi menggunakan Tumbler dan gelas minum, Ini adalah upaya untuk mengurangi sampah plastik.

Sebagai informasi, adapun  lokasi penanam pohon pelindung di pusatkan di dusun I dan dusun 3 Desa Louk, Kecamatan Luwuk Timur.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Camat Luwuk Zainuddin Saluki, Sekcam Luwuk Timur Akram Bujang, Kepala Sub.Bagian TU Cabdis Wil.V Ramadhan Tombang, Ketua Yayasan Pemerhati Lingkungan Suryani Mile, Kepala Desa Louk Susanto Saini, Sekretaris Desa Louk R.Djumadil, Babinsa Desa Luok, Dosen Universitas Tompotika Luwuk serta pembina Osis dan siswa siswi SMAN 1 Luwuk berjumlah 50 orang. (dat)