Bupati Banggai Lantik Dewan Direksi dan Komisaris Perusda Banggai Energi Utama

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin resmi melantik jajaran DIreksi dan Komisaris Perusahaan Daerah PT. Banggai Energi Utama, Selasa (26/9/2023). [FOTO : DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO secara resmi melantik Komisaris dan Direksi Perusahaan Daerah PT. Banggai Energi Utama (PT BEU), bertempat di Ruang Rapat Umum, Kantor Bupati Banggai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Selasa (26/9/2023).
Dewan Direksi dan Komisaris PT. Banggai Energi Utama merupakan Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya, Direksi bertanggung jawab dan melaporkan hasil kegiatan langsung kepada Bupati Banggai melalui Dewan Komisaris.
Adapun susunan Dewan Direksi PT. Banggai Energi Utama, Periode 2023-2028 yang dilantik Bupati Banggai, yakni, Ir. Achmad Zaidy selaku Direktur Utama, Kuncoro Kukuh selaku Direktur Operasional, kemudian Hj. Rohdiana, SE sebagai Direktur Administrasi & Keuangan, serta Imran Suni, SE., M.Si selaku Komisaris.
Selaku Direktur Utama, Ir. Ahmad Zaidy dalam sambutannya mewakili Dewan Direksi Dan Komisaris mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan.
“Guna menjalankan amanah dan juga perusahaan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa tugas dan semangat kerja keras yang baik Perusahaan PT. Banggai Energi Utama dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banggai,” tutur Direktur Utama.
Lanjut, Direktur Utama mengatakan bahwa ini mempunyai peran penting dalam mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, sekaligus menjadi generasi penggerak perekonomian daerah.
“Karena ada dua faktor utama yang menentukan keberhasilan perusahaan, pertama Sumber Daya Alam (SDA) dan kedua Sumber Daya Manusia (SDM),” jelas Ditektur Utama, Ahmad Zaidy.
Pada giat yang diselenggarakan oleh Bagian Perekonomian Setda Banggai dengan ‘Energi Untuk Banggai’, Bupati Amirudin mengucapkan selamat kepada Direksi dan Komisaris yang sudah dilantik.
“Saya ingin menyampaikan kepada bapak ibu semua, bahwa pemilihan Direksi dan Komisaris ini langsung saya menunjuk, mengapa demikian, karena kita punya banyak potensi daerah yang luar biasa dan yang terpenting adalah bahwa Kabupaten Banggai punya potensi energi,” ujar Bupati Amirudin
Lebih lanjut, Bupati Amirudin menjelaskan bahwa pengangkatan direksi dan komisaris perusda membutuhkan orang yang mempunyai pengalaman di bidangnya.
“Tadi kita sudah saksikan bersama Direktur Utama dan Direktur Operasional, beliau-beliau ini sudah cukup lama berkecimpung di perusahaan energi, beliau adalah mantan-mantan dari Pertamina, begitu juga mantan GM di Donggi Senoro,” kata Bupati Amirudin.

Beliau-beliau ini, lanjut Bupati Banggai, yang hanya menanamkan dasar-dasarnya saja, yang kita berharap untuk 3 tahun akan datang, atau 5 tahun akan datang, generasi-generasi mudalah yang mempunyai kemampuan dibidang energi itu dan akan melanjutkan perjalanan Perusahaan tersebut.
“Karena tidak ada yang bisa kita berikan selain amal perbuatan atau amal jariyah kepada bangsa, negara dan daerah ini,” pungkasnya.
Ditemui pasca pelaksanaan pelantikan, Bupati Amirudin menambahkan, dengan adanya BUMD Banggai Energi Utama diharapkan segera memikirkan dan merancang site plan berdasarkan sumber energi di daerah, sehingga dengan pemberdayaan itu dapat diproyeksikan menambah pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“yang terdekat ini, PT BEU akan terlibat dalam pembangunan pabrik Elpiji. InsyaAllah Tahun 2027 Perusda Banggai Energi Utama telah memberikan kontribusi nyata bagi daerah,” bebernya.
Mengenai target PAD PT BEU, Bupati Banggai belum menjawab angka pasti. Ia mengungkapkan, jika PT BEU dapat dijalankan secara maksimal akan sangat berpotensi menambah miliaran bahkan triliunan bagi pemasukan daerah. (*/Asw)