Kabag Organisasi Setda Banggai Pimpin Rapat Persiapan Evaluasi SAKIP 2023

Kabag Organisasi Setda Banggai, Ahmad Rivai.S.Lasore, S.STP., M.Si (kiri) bersama Kepala Bapeda Litbang Ramli Tongko (tengah) pada rapat persiapan Evaluasi SAKIP 2023, Rabu (8/11/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS — Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banggai, Ahmad Rivai.S.Lasore, S.STP., M.Si pimpin Rapat Persiapan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), bertempat di Ruang Rapat Pahangkabotan Bappeda Kabupaten Banggai, pada Rabu (8/11/2023).

Rapat persiapan digelar berdasarkan surat Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Kementrian PANRB Nomor : B/276/AA.04/2023, Perihal : Undangan Pelaksanaan Evaluasi Implementasi SAKIB Tahun 2023

Rapat ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk memastikan bahwa Kabupaten Banggai terus berkomitmen untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Rapat tersebut melibatkan perwakilan dari berbagai instansi pemerintah di Kabupaten Banggai, menyoroti pentingnya kerjasama antarinstansi dalam mencapai tujuan evaluasi SAKIP.

Dalam rapat ini, Kepala Bagian Organisasi bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) para pimpinan OPD serta para staf berdiskusi terkait untuk memulai pelaksanaan SAKIP di instansi pemerintah setempat. Mereka juga akan merancang langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk mencapai standar kinerja yang lebih tinggi.

“Tujuan utama dari evaluasi yang akan dilaksanakan besok yakni mengkoordinasikan langkah-langkah yang akan diambil dari setiap perangkat daerah dalam rangka mempersiapkan paparan terhadap pelaksanaan evaluasi SAKIP 2023,” tutur Kabag Organisasi, Ahmad Rivai.S.Lasore.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai Ramli Tongko menegaskan bahwa evaluasi SAKIP merupakan langkah kunci dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Dia juga mengajak semua pihak terkait untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik.

Rapat tersebut melibatkan perwakilan dari berbagai instansi pemerintah di Kabupaten Banggai, menyoroti pentingnya kerjasama antar instansi dalam mencapai tujuan evaluasi SAKIP. (*)