Temui Rusdy, Bupati Banggai Bahas Participating Interest Sektor Migas

PALU, LUWUK POST – Bupati Banggai Amirudin Tamoreka bersama jajaran komisaris dan direksi PT Banggai Energi Utama (PT BEU) Perseroda menemui Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Melalui pertemuan tersebut Bupati meminta dukungan Gubernur terkait proses pengalihan participating interest (PI) 10 persen dari wilayah kerja Pertamina.

Iapun mengungkapkan bahwa PT Banggai Energi Utama (PT BEU) Perseroda dibentuk dalam rangka upaya mengelola potensi daerah di sektor migas namun selama ini pihaknya belum menerima participating interest (PI).

“Karena telah beberapa tahun mereka mengelola PT BEU dan tidak mengurus prososes PI sehingga kita belum bisa memperoleh PI 10%.ujar Bupati Banggai diruang Kerja Gubernur Sulteng, Kamis (07/12/23).

Bupati Banggai mengungkapkan saat ini pihaknya telah mempersiapkan persyaratan untuk proses pengalihan PI, ia berharap arahan dan persetujuan gubernur untuk mengeluarkan surat penunjukan kepada PT BEU sebagai penerima PI.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami juga telah menjalin kerjasama pengolahan LPG dengan PT TITIS dan PT EMTOP sehingga ke depannya Ada Perusahaan LPG di Banggai,” terang dia.

Terkait hal itu Gubernur Rusdy Mastura menyambut baik apa yang disampaikan Bupati Banggai, menurutnya langkah yang yang dilakukan Bupati terkait participating interest (PI) 10 persen sangat tepat apalagi wilayah Banggai memiliki potensi besar pada sektor Logam dan Nikel. “Langkah dan ide-ide seperti inilah yang seharusnya dilakukan semua Bupati,” tandas Rusdy.

Selain itu gubernur Rusdy juga akan berupaya pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB), menurutnya jika melihat luas wilayah serta potensi juga income perkapita dengan jumlah penduduk yang ada diwilayah Kabupaten Banggai Bersaudara (Banggai, Balit, Bangkep) sudah dapat mendukung untuk wujudkan wilayah ini dalam pembentukan sebagai daerah otonom baru (DOB) Provinsi Banggai Raya. (*)