Pemprov Sulteng Rakor Pembangunan “Poso Lake Center”

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto Setdaprov SUlteng Rudi Dewanto mewakili Gubernur Rusdy membuka rapat koorsinasi pembangunan Poso Lake Center, Selasa (5/12/2023). [Biro Adpim Setdaprov Sulteng]

PALU, SULTIMNEWS– Gubernur diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Dewanto membuka Rapat Koordinasi terkait Pembangunan “ Poso Lake Center “ di ruang Nagana Kantor Bappeda Sulawesi Tengah, Pada, Selasa, (05/12/2023).
Gubernur Sulawesi Tengah melalui Asisten II menyampaikan, rakor ini merupakan tindak lanjut hasil Konferensi Danau Dunia ke-19 diadakan di Balatonfüred, Hungaria pada tanggal 7-9 November 2023. Konferensi itu bertujuan untuk menghubungkan Ilmu Pengetahuan, Budaya, dan Tata Kelola demi penggunaan yang berkelanjutan.
Selanjutnya, ia mengungkapkan, perlu pusat pengelolaan Danau poso sebagai salah satu Danau prioritas Nasional, dimana Danau Poso adalah danau yang terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, danau terdalam ketiga di Indonesia yang memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km.
Rudy juga menjelaskan, pembangunan “Poso Lake Center” menjadi langkah penting untuk mempromosikan pariwisata dan keanekaragaman hayati di daerah ini, Danau ini adalah habitat bagi berbagai spesies ikan, termasuk Sidat Kembang (Anguilla marmorata) yang bermigrasi antara danau dan laut, dan memiliki 11 spesies ikan endemik yang hanya terdapat di danau ini.
Pembangunan “Poso Lake Center” ini, berlokasi di Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah.
Turut hadir Kepala Bappeda Prov Sulteng, Kepala Dinas Bina Marga Prov Sulteng, (diwakili), Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Pariwisata Prov Sulteng, dan Pemerintah Kabupaten Poso beserta instansi vertikal terkait hadir melalui daring secara online zoom meeting. (*)