Polres Banggai Tingkatkan Kring Serse Antisipasi Balap Liar Selama Ramadhan 2024

Polisi antisipasi balap liar, Kamis (14/3)  [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIMNEWS.id – Selama bulan suci Ramadhan 1445 hijriah/ 2024 masehi, Resmob Satreskrim Polres Banggai meningkatkan kring serse di beberapa lokasi yang dianggap rawan balap liar, Kamis (14/3/2024).

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir potensi terjadinya gangguan Kamtibmas pada bulan Ramadhan, khususnya aksi balapan liar yang sangat meresahkan masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Tio Tondy mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menerjunkan Tim Resmob setiap menjelang waktu berbuka puasa, selesai Tarwih ataupun selesai sahur sebagai upaya antisipasi balap liar dan gangguan kamtibmas lainnya.

“Biasanya para pemuda ini jelang buka puasa atau akrab disebut ngabuburit atau selesai Tarwih maupun usai sahur sering balap liar,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pihaknya lebih mengedepankan pola preventif atau pencegahan dengan penyuluhan, patroli dan penempatan personel pada titik dan jam rawan terjadinya balap liar.

“Ini sebagai langkah preventif untuk mencegah aksi balapan liar, menekan angka kecelakaan lalu lintas dan aksi kriminal,” tutur AKP Tio.

Meski begitu, dirinya menambahkan, bila ditemukan adanya aksi balapan liar tersebut, pihaknya akan melakukan penindakan dengan tegas.

“Jika ditemukan balap liar maka nanti akan ditindak dengan melakukan tilang,” pungkasnya. (*)