DEBAT PERTAMA: Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 01, 02, dan 033, saat foto bersama dengan Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Banggai (8/11/2020). [Foto: Istimewa]

SultimNews, BANGGAI– Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banggai nomor urut 03, H. Herwin Yatim dan H. Mustar Labolo dinilai mengungguli paslon lainnya di panggung debat pertama yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai di Hotel Swiss Bellin Luwuk, Minggu (08/11/2020).

Hal ini disebutkan oleh Mutaqqin Suling, akademisi dari Universitas Tompotika (Untika) yang berpendapat bahwa pasangan calon WinStar lebih unggul dibandingkan kandidat lainnya. Ia melihat sisi penguasaan materi yang luar biasa, membuat Winstar menguasai forum dengan sangat baik.

“Dalam debat semalam terlihat jelas, bahwa penampilan dan penguasaan materi Winstar sangat luar biasa. Pembawaan yang tenang, penyampaian yang disertai data dan mampu memberikan ruang untuk wakilnya berbicara,” ujar Muttaqin, saat ditemui langsung (09/11/2020).

Kemudian, Mutaqqin menambahkan program-program yang dipaparkan oleh paslon Herwin-Mustar untuk Banggai maju dan terdepan lebih realistis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Banggai ke depannya.

“Sebab, menjadi pemimpin daerah tidak langsung bisa membuat sebuah kebijakan fantastis, karena ada proses dan mekanisme regulasi dari legislatif dan yudikati yang harus ditaati. Dengan waktu tiga tahun setengah, sebelum Pilkada saya rasa program WinStar lebih nyata dan konkret,” tambah Mutaqqin.

Sehingga menurut Mutaqqin, jangan sampai karena ingin menjadi seorang pemimpin daerah. Setiap pasangan calon membuat data-data yang tidak sesuai dan mengungkapkan program-progran sulit terealisasi.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Masyarakat Pro Demokrasi (POKMAS PRODEM) Kabupaten Banggai, Rito Yusuf juga ikut mengomentari tentang debat kandidat dari tiga pasangan calon.

Rito berpendapat, program yang dihadirkan oleh WinStar lebih melingkupi seluruh tema debat dalam mensejahterakan masyarakat apabila dibandingkan dengan dua pasangan calon nomor 01 dan 02.

“Harus diakui memang pembawaan Herwin Yatim dan Mustar Labolo dalam debat menjadi pembeda dari dua pasangan lainnya. Herwin mampu memaparkan dengan baik, visi misi dan setiap program yang telah terbukti,” kata Rito.

Lanjut dia, sehingga hal ini mempengaruhi pendapat publik bahwa pasangan WinStar berhasil mengendalikan jalannya debat dengan dibenturkan semua visi misi dua pasangan calon dengan program daerah yang berhasil.

“Kita lihat bersama, dua wakil bupati dari pasangan calon nomor satu dan dua. Sama-sama memuji program yang telah sukses WinStar kerjakan, seperti halnya Pinasa. Jadi bisa dikatakan secara keseluruhan dalam jalannya debat, WinStar unggul baik dalam sikap tindak, visi misi dan programnya,” tegas Rito, dalam rilis media. (*)