Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi, Wahyudin Rahman Dorong Kolaborasi Bupati Terpilih dan Akademisi

WAHYUDIN RAHMAN

SultimNews, BANGGAI-Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Banggai 2020, sudah di depan mata. Sejalan dengan itu, tugas-tugas sebagai seorang pimpinan daerah, pun telah menanti.

Pakar ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Wahyudi Rahman, mengatakan, siapapun bupati dan wakil bupati Banggai yang ditetapkan nanti, memiliki tanggung jawab besar dalam rangka pemilihan ekonomi di masa pandemi.

“Siapapun yang terpilih memiliki kewajiban dalam memulihkan perekonomian daerah akibat pandemi Covid-19,” ujar Wahyudi Rahman, Selasa (15/12).

Dekan Fakultas Ekonomi Unismuh Luwuk ini menjelaskan, ada beberapa sektor perekonomian yang dapat dikembangkan dalam upaya pemulihan ekonomi. Antara lain di bidang kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, serta ekonomi kreatif dalam hal ini UMKM, serta pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian kepala daerah dalam upaya pemulihan ekonomi. Khususnya di bidang yang merupakan potensi dan menjadi sumber pemasukan utama masyarakat,” terangnya.

Upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi ini lanjut pria yang akrab disapa Aco ini, tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah. Sehingga keterlibatan akademisi patut menjadi pertimbangan.

“Akademisi memiliki kemampuan dalam merumuskan poin-poin penting dari hasil penelitian, yang dapat menjadi bahan rujukan pemerintah daerah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di daerah ini,” imbuhnya. (and)