Hertasning Yatim Raih Gelar Doktor di Unhas Makassar

FOTO BERSAMA: Dekan Faperta Untika Hertasning Yatim dan tim penguji foto bersama, di Unhas Makassar, Kamis (25/3). Hertasning resmi menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya, yang berjudul “Interaksi Kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan dan Hutan Kemasyarakatan untuk Pengelolaan Hutan Lestari” pada rapat senat luar biasa. [Foto: Istimewa]

SultimNews, BANGGAI-Hertasning Yatim resmi bergelar doktor, Kamis (25/3). Gelar ini, diperolehnya, setelah menyelesaikan studi doktor bidang ilmu Pertanian pada Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar (Unhas).

Dekan Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Tompotika (Untika) Luwuk itu, berhasil mempertahankan  disertasinya, yang berjudul “Interaksi Kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan dan Hutan Kemasyarakatan untuk Pengelolaan Hutan Lestari” pada rapat senat luar biasa terbuka, yang diketuai oleh Prof.Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng.

Seperti diketahui, keberhasilan Hertasning telah menambah deretan dosen tetap Untika yang bergelar doktor. Setelah pekan lalu, Dekan Fakultas Hukum, Andi Munafri meraih gelar doktor bidang Ilmu Hukum di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Rektor Untika Luwuk, Musdar Amin menyatakan, dari hasil yang dicapai Hertasning, maka dosen Kampus Biru yang bergelar doktor sudah 8 orang. Mereka merupakan dosen tetap tetap yayasan Tompotika Kabupaten Banggai.

“Setelah dua dosen ini selesai, dipastikan ada tiga dosen lagi yang akan menyelesaikan studi doktornya. Dengan bidang ilmu yang berbeda, harapannya tahun ini bisa selesai,” jelasnya, kemarin.

Musdar Amin menyebutkan, bertambahnya dosen bergelar doktor di masa kepemimpinannya menjadikan Untika sebagai perguruan tinggi yang unggul, semakin berkualitas, dan berdaya saing tinggi. Sebab, didukung oleh tenaga dosen yang berkualitas dan mumpuni.

Sementara itu, Dekan Faperta Untika, Dr. Hertasning Yatim, S.TP, M.Si menambahkan, dengan raihan doktor ini, maka fakultas ini telah memiliki 3 dosen tetap yang bergelar doktor. Kemudian masih ada 1 lagi dosen Faperta yang akan menyesaikan studi Strata Tiga di Unhas Makassar. “Selangkah lagi, akan akan merampungkan studinya di Sekolah Pascasarjana Unhas,” jelasnya,

Dr. Hertasning berharap ke depan, Faperta akan semakin maju dan bisa menjadi fakultas terdepan, dalam penelitian ilmiah berskala internasional. Yang merupakan salah satu wujud nyata pengabdian kepada pembangunan dan kemajuan daerah Kabupaten Banggai.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Isnanto Bidja menyatakan, keberhasilan Dr. Hertasning merupakan kesyukuran bagi Untika Luwuk. Sebab, tambahan dosen bergelar doktor bertambah lagi akan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia Untika. “Atas nama pimpinan Untika, saya menyampaikan ucapan selamat atas capaian ini,” terangnya.

Kepada masyarakat, sambung Dr Isnanto diharapkan bisa mempercayakan Untika sebagai lanjutan pendidikan, karena telah memiliki dosen yang handal. “Target ke depan kita akan membuka prodi pasca sarjana untuk prodi yang sudah memenuhi syarat seperti hukum dan ekonomi,” jelasnya. (leb)