DLH Lakukan Pembersihan Sampah Sisa Kebakaran Pasar Simpong

PEMBERSIHAN: Aktifitas pembersihan sisa sampah organik akibat kebakaran Pasar Simpong Luwuk, Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Selasa (18/05/2021).[Foto: Kodrat/SultimNews].

LUWUK, SultimNews-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai melakukan pembersihan tumpukan sampah organik akibat kebakaran yang terjadi di Pasar Simpong, Luwuk, bertepatan dengan hari lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5) lalu.

Plt. Kepala DLH, Andi Rustam mengatakan, pihaknya telah melakukan pembersihan semaksimal mungkin sejak pagi tadi. Sebab sampah tersebut sudah mulai menumpuk di pinggir jalan. Kondisi itu tentu akan menghambat kegiatan jual beli di pasar.

“Kami terus melakukan pembersihan semaksimal mungkin dari tadi pagi,”ucapnya saat ditemui awak media, Selasa (18/5).

Ia juga mengatakan, rencananya, kegiatan tersebut akan dilakukan pada Jumat (21/5) nanti, bersama instansi lainya. Namun, untuk memperlancar aktifitas jual beli di pasar, beberapa hari ke depan, maka pihaknya berinisiatif mengawali pembersihan itu, terlebih dahulu.

Sementara itu, Kepala Seksi Penanganan Sampah, Ahin Yoniko menambahkan, sesuai dengan jumlah personil yang ada, maka hanya empat armada truk sampah yang dioperasikan dalam kegiatan pembersihan itu. Keempat truk itu diturunkan di sejumlah sudut pasar.

“Dalam kegiatan ini, ada empat armada truk sampah yang diturunkan di beberapa sudut pasar. Dengan kondisi seperti ini kami bekerja pelan-pelan dan memastikan bisa selesai,”ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, agar upaya pembersihan lebih cepat dan efektif Jumat nanti, pihaknya telah mempersiapkan penambahan armada, yang beranggotakan lima orang setiap armada. Hal itu mengingat, keadaan dan kondisi pasar yang begitu ramai.

Tak hanya itu, Ia juga mengatakan, jika pembersihan nanti tak kunjung selesai, pihaknya akan lanjutkan malam nanti. Namun, semua tergantung kondisi cuaca. Jika kurang memungkinkan, akan dipertimbangkannya.

“Iya kalau juga belum selesai, berarti akan dilanjutkan hari jumat, sebagai kerja bakti bersama, sebab armada truk sampah kami, besok sudah bertugas seperti biasanya. (tr-04)