Proker KKN GNRM UMLB Terus Diimplementasikan

Mahasiswa KKN GNRM saat melaksanakan kegiatan pelatihan tata kelola administrasi berbasis IT bagi aparat desa,BPD, Karang Taruna , Kelompok Tani dan nelayan di Balai Dea Tangkian, Jumat (27/8/2021). [Foto: Istimewa]

SultimNews, KINTOM- Program kerja (Proker) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) terus diimplementasikan kepada masyarakat setempat.

Jumat (27/8/2021) para mahasiswa dan mahasiswi fakultas Pertanian UMLB yang berjumlah itu, melaksanakan empat program kegiatan. Pertama, pelatihan tata kelola administrasi berbasis Ilmu teknologi.

Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Tangkian itu, diperuntukan kepada aparat desa, BPD, Karang Taruna, kelompok tani dan nelayan.
“Pemateri kali ini, berasal dari dosen Teknik Industri UMLB yakni Yusuf Ayuba, S.Kom, MM,” jelas Sekretaris Posko KKN GNRM UMLB, Cindy Claudia Kadoena.

Cindy menerangkan, pelatihan yang mereka laksanakan merupakan agenda kegiatan yang masuk dalam pilar Gerakan Indonesia Melayani. Dengan harapan, kegiatan bisa berdampak kepada peserta. Sehingga kedepannya bisa meningkatkan kualitas layanan.
“Kegiatan kami ini, masuk proker yang ke 10,” tandasnya.

Cindy menambahkan, setelah program pelatihan tersebut, pihaknya melanjutkan kegiatan yang masuk dalam pilar Gerakan Indonesia bersatu, yakni sosialisasi perilaku hidup rukun, pekerja keras dan sopan santun melalui nilai keagamaan. Sosialisasi ini menghadirkan pemateri dosen Faperta Bahidin Laode Mpapa, S.Hut.,M.Sc.

“Dari kegiatan ini, kami mencatat beberapa poin penting, mulai dari rukun, kerja keras, sopan santun dan nilai yang harus dimiliki pribadi unggul,” tandasnya.

Lanjut Cindy, usai menyelesaikan dua kegiatan tersebut, para mahasiswa dan mahasiswi itu melaksanakan pelatihan penggunaan kemasan produk yang menarik dan higenis.

Setelah itu, mahasiswa melanjutkan pelatihan peningkatan kreativitas. Berupa, pembuatan bakso ikan.

“Totalnya ada empat program yang kami laksanakan hari ini,” katanya. (leb)