Dinas TPHP Banggai Antisipasi Cuaca Ekstrem ‘Gorila El Nino’

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Banggai, Subhan Lanusi. [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIMNEWS – Pemerintah daerah Kabupaten Banggai melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pertanian (TPHP) telah mengantisipasi peringatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terhadap cuaca ekstrem El Nino yang melanda Indonesia.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas TPHP Kabupaten Banggai, Subhan Lanusi, yang mengatakan dalam menghadapi cuaca ekstrem El Nino berpotensi mencapai level gorilla El Nino, antisipasi penting dilakukan untuk membantu para petani di wilayah-wilayah pertanian di daerah.
“Untuk menghadapi cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Banggai, khususnya daerah pertanian di wilayah Toili, Lamala dan Bunta, kami telah menyiapkan alat-alat seperti mesin alkon air “.ungkap Subhan kepada pewarta, Senin (13/11/2023) di Kawasan Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan.
Bahkan tidak hanya itu saja, lanjutnya, antisipasi potensi hama yang akan menyerang pertanian juga sudah telah di siapkan sejak jauh hari oleh TPHP.
“Para tenaga tim TPHP telah melakukan upaya mitigasi pertanian, penanggulangan kekeringan ataupun potensi hama yang meningkat,” terangnya.
Ia juga menambahkan informasi mengenai ketersediaan stok beras di Kabupaten Banggai, yang disebutnya terbilang cukup aman dan stabil.
“Setiap tahunnya terjadi surplus yang terbilang cukup tinggi. Satu kali panen kita bisa menghasilkan 57 ribu ton beras dalam setahun sedangkan kebutuhan kita di Kabupaten Banggai sekitar kurang lebih 40 ribu ton beras. Kami di sini ada surplus kurang lebih 17 ton. Sebelum surplus habis, kami sudah melakukan penanaman kembali,” jelasnya.
Dengan begitu, kebutuhan beras di Kabupaten Banggai bisa teratasi secara menyeluruh.
“Kami juga berharap hasil baik ini terus terjaga atau bahkan meningkat, dimana dengan harga normal seperti saat ini dapat memberikan keuntungan lebih kepada petani, sehingga dapat menjawab keluhan mereka,” tutupnya. (*/Asw)