PUPR Banggai Bimtek Administrasi Kontrak Konstruksi

Wakil Bupati Banggai Furqanudin saat menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimtek Administrasi Kontrak Konstruksi, Selasa (21/11/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS — Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Kontrak Konstruksi, pada Selasa (21/11/2023).

Kegiatan Bimtek administrasi kontrak konstruksi dilaksanakan dalam upaya memberikan pembinaan dan peningkatan kapasitas Badan Usaha Jasa Konstruksi.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Banggai, Drs. Furqanuddin Masulili, MM dilksanakan bertempat di Hotel Swissbell, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan.

Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menyampaikan selaku pimpinan daerah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang digelar pada pagi hari tersebut.

“Jasa konstruksi merupakan salah satu kegiatan dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya yang mempunyai peranan penting dalam pencapaian berbagai sasaran guna menunjang tujuan pembangunan nasional dan daerah,” tutur Wabup Furqanuddin.

Lebih lanjut, Wabup Furqanudin menjelaskan bahwa sektor konstruksi adalah salah satu andalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dan selalu dituntut untuk terus meningkatkan kontribusinya.

“Untuk itu pelaksanaan pekerjaan konstruksi harus memenuhi standar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Wakil Bupati Banggai.

Dalam instruksi konstruksi yang dinamis dan kompleks, administrasi kontrak memegang peranan yang sangat penting. Proses administrasi kontrak yang baik dan efisien menjadi kunci untuk meraih kesuksesan dalam setiap proyek konstruksi.

“Saya berharap peserta bimtek ini dapat memahami seluruh materi yang diberikan oleh narasumber kita, yang nantinya dapat diterapkan dalam administrasi kontrak konstruksi sesuai dengan harapan dan tujuan kita bersama,” ujar Wabup Furqanuddin.

Pada kesempatan yang sama, selaku Ketua Panitia, Ir. I Putu Jati Arsana, ST., MT menyampaikan yang menjadi narasumber pada kegiatan bimtek Administrasi Kontrak Konstruksi Tahun 2023 ialah Bapak Dr. Ir. Tutang Muhtar Kamaludin, S.T., M.Si., IPM., ASEAN Eng, yang merupakan Tenaga Ahli Penilai Kegagalan Bangunan, Asesor Kompetensi dan Dosen Universitas Tadulako.

Kegiatan ini sejalan dengan komitmen pemerintah setempat untuk mendukung dan memperkuat industri konstruksi di Banggai. (*)