Ketua PGRI Apresiasi Kontribusi Bupati Banggai Mendukung Pendidikan

Perayaan puncak HUT PGRI ke 78 dan Hari Guru Nasional Tingkat Sulteng di Kota Luwuk turut dihadiri Wagub Sulteng Ma'mun Amir dan Ketua Umum PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd., Selasa (28/11/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Malam Puncak HUT PGRI Ke 78 dan Hari Guru Nasional tahun 2023 Tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada Selasa (28/11/2023), di Lapangan Tribun Mirqan Halimun, Kabupaten Banggai berlangsung meriah.
Melibatkan 13 kabupaten/kota Se-Sulawesi Tengah, kegiatan perayaan malam puncak dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir dan Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.
Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang dibacakan oleh Wakil Gubernur, Ia mengharapkan bahwa PGRI di Sulawesi Tengah untuk terus menjadi mitra pemerintah daerah, serta membangun kerjasama yang erat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif.
“Mengajak PGRI untuk terus meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah mencegah berbagai permasalahan di Sulawesi Tengah demi pendidikan SDM unggul, karena PGRI adalah mitra sejajar Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah,” ujar Wagub Sulteng.
Demikian juga hal yang disampaikan oleh Ketua PGRI RI bahwa ia menyoroti peran penting PGRI sebagai mitra strategis pemerintah pusat dan daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.
“Kita juga punya Bapak Presiden yang sangat peduli, yang setiap waktu saya bisikan perjuangan bapak ibu sekalian, itulah makna bahwa PGRI adalah mitra strategis pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” Jelas Prof. Dr. Unifah.
Lanjutnya, ia juga memberikan apresiasi kepada Bupati Banggai, mengakui kontribusi kecerdasan dan kehangatan kepemimpinan beliau dalam mendukung dunia pendidikan.
“Kecerdasan Bapak Bupati menghadirkan ini semua dan kehangatannya menyejukan hati kita semua,” Ungkap Ketua PGRI RI.
Pernyataan ini mencerminkan penghargaan PGRI terhadap dukungan dan keramahan Bupati Banggai dalam mendukung kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Dalam konteks kerjasama yang erat antara pemerintah daerah dan PGRI, Bupati Banggai menyatakan komitmen untuk menjadikan kabupaten tersebut sebagai tuan rumah lagi pada tahun mendatang.
“Kalau tahun depan ada kabupaten yang menolak, Kabupaten Banggai siap menerima lagi menjadi tuan rumah,” Ujar Ir. H. Amirudin, MM, AIFO.
Perayaan HUT PGRI Ke 78 dan Hari Guru Nasional 2023 ini telah dimulai sejak Minggu, 26 November 2023, dengan puncak perayaan pada Selasa, 28 November 2023.
Malam puncak ini ditandai partisipasi yang sangat besar dari para guru se-Sulawesi Tengah yaitu mencapai jumlah sebanyak 6.543 orang. (*/Mjd)