SMAN 1 Luwuk Menggelar Pemilihan Ketua OSIS

Momen pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Luwuk periode 2023-2024. [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIM NEWS.id– Sekolah Menengah Atas Negeri  (SMAN) 1 Luwuk menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) periode 2023-2024.

 

Pemilihan Ketua OSIS ini bertujuan sebagai bentuk implementasi kurikulum, terutama kepada mereka yang masih duduk di bangku kelas X dan XI, sebagaimana yang mereka pelajari saat ini melalui kurikulum merdeka belajar tentang suara demokrasi.

 

Kegiatan ini dinilai sangatlah penting, sebab bertujuan pula melatih sikap demokratis dan membangun jiwa raga yang royal terhadap ideologi bangsanya.

 

Terlebih, menumbuhkan sikap nasionalisme, gotong royong, terampil, dan berketuhanan.

 

Dikatakan pelaksanaan ini dimulai, sejak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Luwuk, Drs. Ardi.,MM menetapkan, Komisi Pemilihan Osis (KPO), serta Pengawas Pemilihan Osis dan Panitia Pemilihan Ketua Osis.

 

Nerbagai persiapan telah dilaksanakan, mulai dari membuat perencanaan tahapan Pemilihan Ketua Osis,  membuat bilik dan kotak suara serta pembentukan Tim Sukses dari masing masing kandidat.

 

Kemudian tahapan Pemilihan Ketua Osis SMAN 1 Luwuk  dimulai dari Wawancara Kandidat, Penentuan Nomor Urut Kandidat, Penyampaian Visi Misi, Kampanye terbuka sampai dengan Debat Kandidat serta pencoblosan. Penyampaian Visi Misi pada tanggal 5 Januari 2024  dan pelaksanaan Debat I Kandidat tanggal 13 Januari 2024.

 

Dalam kesempatan tersebut,  para Kandidat Osis memaparkan visi dan misinya serta menjawab pertanyaan dari Panelis yang di wakili oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan serta Pembina Osis.

 

Sementara untuk masa kampanye masing-masing Tim Sukses dengan Slogan masing masing menawarkan Kandidatnya Ketika terpilih nanti akan memajukan Osis dengan program programnya.

 

Pada pemilihan Ketua Osis Tahun ini,  cukup meriah karena kandidat yang maju sebagai Ketua Osis adalah berasal dari kelas XI semuanya. Sehingga di prediksi akan terjadi Pemilihan Ketua Osis 2 putaran.

 

Pencoblosan  dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024  adalah waktu di mana seluruh siswa SMAN 1 Luwuk yang berjumlah 1012 orang akan  menyuarakan pilihannya melalui Pemilihan Ketua OSIS dengan tiga pasang kandidat mereka.

 

Adapun ketiga kandidat itu yakni  No,1 Rifki Sahar dan Gabriela Natasya Toding, selanjutnya, No, 2 Sinta Hapsiyani dan Teguh Prakasa Putra,

No.3 Retno Rersya M dan Shafa Salsabila.

 

Selanjutnya, pencoblosan dilaksanakan di 1 TPS mulai jam 09.00 s.d 12.00 wita. Adapun hasil rekapitulasi perhitungan suara Komisi Pemilihan Osis SMAN 1 Luwuk di antaranya :

 

Dari jumlah 1012 orang Siswa yang menggunakan Hak pilihnya berjumlah

Jumlah  Suara 790 orang, sementara suara yang sah berkisar 751, kemudian tercatat ada 39 jumlah suara yang tidak sah.

 

Dari hasil tersebut, dari ketiga kandidat yang terpilih menjadi Ketua OSIS tahun 2024 ini yakni nomor urut 1 atas nama Rifki Sahar dan Gabriela Natasya Toding. (dat).