Hasil Evaluasi Provinsi Menunggu SK Gubernur

DISAHKAN: Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto menandatangani berita acara pengesahan dokumen APBD 2021, di Gedung DPRD Kabupaten Banggai, akhir November 2020 lalu. [Foto: Istimewa]

SultimNews, BANGGAI- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banggai tahun 2021, telah disetujui melalui pembahasan di tingkat Panitia Khusus DPRD Kabupaten Banggai, akhir November 2020 lalu.

Kepala Bidang Anggaran, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai, Esriyati F Mahiwa mengatakan, saat ini dokumen anggaran tersebut tengah pada tahap evaluasi di tingkat provinsi.

“Belum selesai (evaluasi provinsi). Belum keluar SK Gubernur tentang hasil evaluasi,” ujar Esy-sapaanya-, Selasa (22/12).

Setelah evaluasi provinsi selesai, dokumen anggaran tersebut akan diajukan ke DPRD untuk dibahas kembali. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ketua Fraksi Gabungan Partai PKB, Hanura dan Perindo (PHP), Syafrudin Husain.

Pria yang akrab disapa Haji Udin ini mengatakan, berdasarkan hasil Pansus DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), telah disepakati bahwa dokumen APBD 2021 akan kembali dibahas di DPRD setelan evaluasi provinsi.

“Kemarin karena waktunya mepet, makanya langsung disetujui. Tapi yang dibahas baru sampai di struktur anggaran,” ujar Syafrudin Husain, di Gedung DPRD Kabupaten Banggai, belum lama ini.

Dia menjelaskan, pembahasan RAPBD 2021 belum sampai pada item kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran tahun depan. Sehingganya, pembahasan kembali harus dilakukan agar DPRD dapat mengetahui apa saja item kegiatan yang tertuang dalam APBD tersebut.

“Nanti setelah evaluasi akan dibahas lagi di DPRD,” imbuhnya.

Diketahui, APBD Kabupaten Banggai pada tahun 2021 dengan sebesar Rp 1,9 triliun. Jumlah tersebut meningkat dari APBD tahun 2020 sebesar Rp 1,8 triliun. (and)