Buka Workshop Kurikulum Merdeka, Bupati Banggai : Pendidikan Prioritas Kerja Pemda

Bupati Banggai, Amirudin didampingi Kepala Disdikbud Banggai, Syafrudin Hinelo saat menyerahkan piagam penghargaan kepada guru PAUD yang berprestasi, Kamis (8/9). [Foto : DKISP Banggai]
Sultimnews.info, Luwuk – Bupati Banggai, Amirudin membuka kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banggai, di Hotel Dinasti, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, pada Kamis (8/9/22).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengungkapkan bahwa Pendidikan merupakan prioritas dalam kerja-kerja yang dilakukan Pemerintah Daerah.

“Saya ketika menyusun visi dan misi bersama Wabup bersepakat bahwa pendidikan akan menjadi prioritas,” jelasnya.

Dalam upaya merubah pola dan paradigma berpikir Masyarakat Banggai, lanjut beliau, kualitas dan mutu pendidikan perlu dibenahi dan tingkatkan. Oleh karena itu, Pendidikan diletakan dalam poin yang pertama misi Pemda.

Kurikulum Merdeka, menurut Amirudin, memberikan kebebasan lebih kepada para siswa untuk mengembangkan kreativitas dan potensi diri, daripada terpaku pada rencana pembelajaran yang dirancang.

“Jadi anak-anak kita bebas belajar yang mereka mau, tetapi tetap berada dalam pengawasan bapak ibu guru,” imbuhnya.

Pada kegiatan itu juga, Bupati Banggai menyerahkan piagam penghargaan kepada guru-guru PAUD yang berprestasi dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas di sektor pendidikan yang mereka tekuni.

Perihal tujuan kegiatan sendiri, berdasarkan laporan Ketua Panitia kegiatan, Rusnidari Salawali, yakni, memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman guru, kepala dan pengelola lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Banggai, baik negeri maupun swasta mengenai Kurikulum Merdeka Tahun 2022 guna mewujudkan visi “Banggai Cerdas” yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

Kegiatan yang direncanakan akan dilakukan selama dua hari itu diikuti, diikuti sebanyak 185 peserta, yang terdiri dari tenaga pendidik, baik yang telah mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP), maupun yang belum.

Selain Bupati Banggai, para peserta dan narasumber, hadir pula Kepala Disdikbud bersama jajarannya dan Kelompok Kerja PAUD baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. (*/Gm)