Dispar Banggai Siapkan 3 Miliar untuk Kembangkan Destinasi Wisata di 2024

: Kepala Dinas Pariwisata Banggai, Ismed Wardhana, S.STP [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIMNEWS — Pemerintah Kabupaten Banggai, melalui Dinas Pariwisata menganggarkan dana sebesar 3 miliar rupiah untuk pengembangan destinasi wisata di tahun 2024. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, Ismed Wardhana, S.STP, melalui pesan WhatsApp kepada awak media, Senin (21/11).

Menurut Kadispar Banggai ada beberapa lokasi yang menjadi prioritas pengembangan, yaitu Kilo Lima, Air Terjun Piala, Salodik, dan Pulau Dua.

“Ini menjadi program kami di tahun 2024. Kami ingin meningkatkan daya tarik dan kualitas wisata di daerah ini,” sebut Ismed sapaan Kadispar Banggai.

Ismet juga menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang harus dibenahi dalam pengembangan destinasi wisata, seperti pemasaran yang luas dan jaringan di luar daerah.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, swasta, dan komunitas wisata, untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi wisata Kabupaten Banggai,” ujarnya.

Selain itu, Ismet juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan lima desa wisata, yaitu Koyoan dengan dendengnya, Argo Mulyo dengan ekowisatanya, Kampangar dengan wisata Pulau Duanya, Uwedaka dengan air panasnya, dan Lenye dengan padang savananya. “Ini adalah upaya kami untuk memberdayakan masyarakat lokal dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui sektor pariwisata,” tutur Ismet.

Ismet berharap dengan pengembangan destinasi wisata, Kabupaten Banggai bisa menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Indonesia. “Kami memiliki banyak potensi wisata yang menarik dan beragam, mulai dari alam, budaya, kuliner, hingga sejarah. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Kabupaten Banggai adalah tempat yang layak dikunjungi,” pungkas Ismet. (*/Asw)