Bupati Amirudin Buka PESPARAWI II Tingkat Banggai

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM.,AIFO saat menghadiri kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi, Kamis (23/11/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO membuka secara resmi Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) II Tingkat Kabupaten Banggai, bertempat di Gereja Bukit Zaitun Luwuk, pada Kamis (23/11/2023).
Dalam sambutannya, Bupati Banggai menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Banggai menyambut baik dan gembira atas pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi tersebut.
“Kegiatan ini juga saya pandang sebagai pembentukan keimanan dan terbentuknya suatu tatanan umat beragama sehingga tidak mengalami degradasi (penurunan) iman yang diakibatkan oleh pengaruh luar,” tutur Bupati Amirudin.
Penyelenggaraan Pesparawi sebagai ajang lomba lagu-lagu rohani kristen, merupakan kegiatan yang melibatkan gereja-gereja untuk melakukan pelayanan seni budaya yang bernafaskan keagamaan kristen.
“Dan hal ini juga sebagai perwujudan nilai-nilai keagamaan serta meningkatkan toleransi antar gereja atau umat kristiani dan kerukunan antar umat beragama,” kata Bupati Amirudin.
Dengan demikian, lanjut Bupati Amirudin, umat kristiani di daerah ini benar-benar akan memiliki integritas moral dan perilaku yang terpuji dan kegiatan ini merupakan kegiatan penting bagi umat kristiani dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman nilai-nilai keagamaan.
“Oleh karena itu, kiranya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan umat kristiani Kabupaten Banggai dalan melantunkan lagu-lagu gereja yang tentunya sangat sarat dengan pesan-pesan dan pesan spiritual, untik meningkatkan kualitas kehidupan bersama,” ujar Bupati Amirudin.
Terkait dengan kegiatan Pesparawi kali ini, diharapkan bukan hanya sekedar ajang bakat dan talenta yang dikaruniakan Tuhan, akan tetapi lebih sebagai suatu bentuk ibadah kepada Tuhan.
Sebelum menutup sambutannya, Bupati Banggai berharap lewat Pesparawi ini, para jemaat dilingkungan gereja di Kabupaten Banggai yang tersebar ditiap kecamatan serta berbagai denominasi gereja, dapat menampakan ke-Esaan dan kebersamaan demi terciptanya kerukunan antar umat beragama.
“Semoga pelaksanaan Pesparawi ini akan berjalan dengan lancar, kalah dan menang dalam ajang ini merupakan sebuah persembahan yang suci terhadap Tuhan,” ucap Bupati Amirudin.
Dengan melibatkan berbagai komunitas gerejawi, acara ini memberikan kontribusi positif untuk memperkuat ikatan sosial dan rohani di Kabupaten Banggai. PESPARAWI II Kabupaten Banggai diharapkan tidak hanya menjadi pencapaian seni yang gemilang, tetapi juga menjadi landasan bagi pengembangan seni dan budaya di masa depan. (*)