Kepala DKISP Banggai Menghadiri Forum Smart City Nasional Kemenkominfo

Kepala DKISP Banggai Lesmana Kulap, S.Kom mewakili BUpati Amirudin menghadiri Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 Kemenkominfo, Kamis (7/12/2023). [DKISP BANGGAI]

TANGSEL, SULTIMNEWS – Mewakili Bupati Banggai, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Lesmana P. Kulab, S.Kom mengikuti kegiatan Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023, pada Kamis (7/12/2023).
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan.
Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dan Gerakan Menuju Provinsi Cerdas (Smart Province) Tahun 2023.
Gerakan Menuju Smart City sendiri adalah inisiatif yang digulirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk mendorong pengembangan kota dan kabupaten cerdas di seluruh Indonesia.
Berlangsung sejak tahun 2017, Gerakan Menuju Smart City diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan gerakan ini juga didukung oleh berbagai lembaga dan kementerian.
Melalui forum tersebut pemerintah kota dan kabupaten dibimbing untuk menyusun sebuah rencana pembangunan komprehensif berbasis enam dimensi kota cerdas, mulai dari smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.
“Gerakan Menuju Smart City adalah bagian penting dari visi besar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mewujudkan peningkatan infrastruktur digital, ekosistem digital, serta SDM dunia digital di Indonesia,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi saat membuka kegiatan.
Dalam periode 2017-2023, gerakan ini sudah berhasil membimbing 241 kota dan kabupaten dalam menyusun rencana induk pembangunan berbasis smart city.
“Melalui gerakan ini, kami berharap pemerintah daerah semakin terampil memanfaatkan teknologi demi meningkatkan taraf hidup masyarakat,” lanjut Menkominfo RI, Budi Arie Setiadi.
Selain memberikan penghargaan, ajang Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 juga diisi berbagai acara menarik. Contohnya adalah temu wicara yang menjadi ajang saling berbagi pemimpin daerah dalam mewujudkan pembangunan berbasis teknologi dan inovasi di daerah masing-masing.
Pemerintah Kabupaten Banggai berterima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika atas penyelenggaraan acara yang memberikan platform bagi daerah-daerah untuk saling berkolaborasi dan meningkatkan kapasitas dalam menghadapi era transformasi digital.

Kabupaten Banggai berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengimplementasikan solusi cerdas guna mewujudkan visi Kota dan Provinsi Cerdas yang berdaya saing dan berkelanjutan.
Turut hadir bersama Kepala DKISP, Kepala Dinas TPHP Kabupaten Banggai, Sekretaris Bappeda Kabupaten Banggai, dan Kepala Bidang Layanan E-Government. (*)