MUSORKAB KE-5 KONI BANGGAI

Asisten 1 Setda Banggai, Hj. Nurdjalal mewakili Bupati Amirudin menghadiri Musorkab ke 5 KONI Banggai, Senin (11/12/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banggai menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) ke-5, Senin (11/12/2023), di Aula KONI Banggai, Luwuk.
Sealin membahas laporan pertanggungjawaban pengurus KONI Banggai periode 2019-2023, Musorkab ke-5 juga akan menetapkan ketua umum dan jajaran pengurus KONI Banggai periode 2023-2027.
Asisten (II) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Banggai Nurdjalal hadir pada pembukaan Musorkab ke-5 KONI Banggai mewakili Bupati Banggai.
Dalam sambutannya, Asisten II menyampaikan, para pengurus KONI harus bisa memanfaatkan momen musorkab untuk meningkatkan pembinaan olahraga di Kabupaten Banggai.
“Saya berharap, para pengurus mampu mengoptimalkan pembinaan olahraga melalui sistem berjenjang, yang meliputi olahraga pendidikan, olahraga prestasi, maupun olahraga rekreasi. Karena olahraga itu milik masyarakat, dan perkembangannya selalui jadi pusat perhatian masyarakat,” kata Nurdjalal.
Musorkab ke-5 diharapkan semakin memperkuat dan menyatukan jajaran pengurus dalam menjalankan roda organisasi.
“Perbedaan jangan sampai membuat KONI pecah. Bahwa kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi maupun kelompok,” kata dia.
“Oleh karena itu, jajaran pengurus ke depan harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan memiliki manajemen yang teratur sehingga menjadikan KONI sebagai organisasi yang kompeten dan profesional,” lanjut Nurdjalal.
Hal senada juga disampaikan Ketua Umum KONI Banggai periode 2019-2023 Muntasar Abd. Azis. Ia berharap, KONI Banggai tetap solid dalam menjalankan program kerja organisasi.
“Sepeninggal saya, KONI jangan sampai tercerai berai, tidak boleh. Siapapun yang memimpin, kita harus dukung,” tegas Muntasar.
Muntasar yang memutuskan tidak ikut pada bursa pemilihan ketua umum di Musorkab ke-5 juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Banggai dan KONI Provinsi Sulawesi Tengah yang telah membuka kesempatan bagi KONI Banggai sehingga dapat menggelar Porprov Sulteng 2022 di Kabupaten Banggai.
Sementara itu, Direktur Eksekutif KONI Sulteng Hendra Iskandar berharap Musorkab kali ini dapat menghasilkan kepengurusan yang mampu merancang dan mengeksekusi setiap program kerja. Program kerja tersebut harus dapat menjawab tantangan dalam pengembangan olahraga di Kabupaten Banggai.

“Kepada pengurus terpilih, empat tahun ke depan harus menyiapkan program sebaik mungkin dalam rangka pencapaian prestasi yang setinggi-tingginya,” kata Hendra.
Sebagai langkah awal, kata Hendra, KONI Banggai dapat melakukan reorganisasi dan pembinaan secara menyeluruh.
Pembukaan Musorkab ke-5 KONI Banggai juga dihadiri oleh Ketua Harian KONI Banggai Syarifudin Abas, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banggai Yori Ntoi, para Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga, serta para camat selaku koordinator olahraga di kecamatan. (*)