REALISASI BELANJA SEJUMLAH OPD PEMKAB BANGGAI DI BAWAH TARGET

Rapat evaluasi pengendalian pelaksanaan APBD 2023 Kabupaten Banggai, Selasa (12/12/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Bupati Banggai Amirudin menyoroti capaian kinerja sejumlah perangkat daerah terkait realisasi APBD tahun anggaran 2023.
Hal itu diungkap Bupati Amirudin saat memimpin Rapat Evaluasi Pengendalian Pelaksanaan APBD 2023, Selasa (12/12/2023), di Ruang Rapat Pahangkabotan, Kantor Bappeda, Luwuk Selatan.
Berdasarkan data Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Bagian Administrasi dan Pembangunan Setda Banggai, terdapat 7 dinas/badan dan 1 pemerintah kecamatan yang realisasi belanjanya di bawah 70 persen.
Perangkat daerah yang dimaksud yakni, Badan Kesbangpol, BKPSDM, Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas PUPR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas TPHP, dan Pemerintah Kecamatan Nambo.
Bupati Amirudin meminta penjelasan sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait realisasi belanja dibawah target. Pada kesempatan itu juga sejumlah kendala dan hambatan dibahas. “Tolong ini dioptimalkan, mengingat tahun depan APBD kita naik menjadi Rp3,1 triliun,” ujar Bupati Amirudin.
Secara keseluruhan, realisasi belanja Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai sampai dengan 8 Desember 2023 sebesar Rp1,9 triliun atau setara 77,76 persen dari pagu pergeseran yang ditetapkan, yakni Rp2,4 triliun. Dari pagu tersebut, pemerintah daerah menargetkan realisasi belanja sebesar 87 persen atau Rp2,1 triliun. (*)