PEMKAB BANGGAI MENARGETKAN ANGKA KEMISKINAN NOL PERSEN

Kegiatan Forum Group Discussion rancangan awal RPJPD Kabupaten Banggai 2025-2045, Rabu (13/12/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, LUWUK POST – Pemerintah Kabupaten Banggai menargetkan pada Tahun 2045, angka Kemiskinan daerah adalah nol persen. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bappeda, Ramli Tongko pada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) pembahasan isu-isu strategis sektoral dalam rangka menyusun rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banggai 2025-2045.
Dalam FGD yang dilaksanakan di Kantor Bappeda Banggai, Rabu (13/12/2023), membahas isu kemiskinan dan perlindungan sosial, pemberdayaan desa, kesempatan kerja dan transmigrasi, serta penanggulangan bencana, menjadi topik yang dibahas secara mendalam.
Terkait target Pemkab Banggai menurunkan angka kemiskinan hingga nol persen di tahun 2045. Untuk mewujudkan itu, Pemkab perlu mengintegrasikan data kemiskinan dari berbagai sumber.
“Saat ini, Dinsos pegang data sendiri, DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosisal) dari Kemensos, Bappeda punya data P3KE, dan di BPS ada Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi). Namun, dalam rancangan RPJPN disebutkan bahwa kita akan menggunakan satu data dari Regsosek,” kata Kepala Bappeda Banggai Ramli Tongko.
Selanjutnya, dalam sektor lapangan kerja. Bonus demografi yang ada, kata Ramli, perlu disikapi Pemda dengan menyediakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Banggai.
Pimpinan perangkat daerah dari Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), secara bergantian memaparkan analisis permasalahan dan isu strategis di tiap-tiap sektor serta kondisi yang ingin dicapai pada 2045 mendatang.
Sebelumnya, pada pelaksanaan hari pertama FGD penyusunan rancangan awal RPJPD Banggai 2025-2045, Selasa (12/12/2023), topik yang dibahas adalah strategi industrialisasi pertanian dan ketahanan pangan. Pada kesempatan itu perwakilan BPS Banggai, Anggie Dian Pratiwi memaparkan keterkaitan antara bencana alam dan kemiskinan.
Selain Jajaran OPD Pemkab Banggai, kegiatan juga turut dihadir Instansi lainnya, yakni perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan. (*)