BAPPEDA GELAR FORUM SATU DATA KABUPATEN BANGGAI

Wakil Bupati Banggai Furqanudin bersama sejumlah pimpinan OPD dan instansi pada pelaksanaan kegiatan Forum Satu Data Kabupaten Banggai, Rabu (20/12/2023). [Prokopim Setda Banggai]

LUWUK, LUWUK POST — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapedda Litbang) menggelar kegiatan Forum Satu Data Kabupaten Banggai pada Rabu (20/12/2023), bertempat di Hotel Swiss Bellin Kota Luwuk.

Dalam laporannya, Kabid Perencanaan Umum Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Banggai Sri Desiyani Benda, S.E selaku panitia penyelenggara menyebutkan, kegiatan Forum Satu Data Kabupaten Banggai dilaksanakan dalam rangka mendukung dan menyinergikan tata-kelola data perencanaan pembangunan daerah.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh perangkat daerah sebagai produsen data/informasi yang lebih akurat, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan guna mendukung penyusunan arah kebijakan pembangunan daerah yang lebih fokus dan terarah,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan data yang berkualitas baik, akan membuat perencanaan dan pembangunan menjadi berkualitas.

“Output dari kegiatan, perangkat daerah dapat mengkolaborasikan dan mensinergikan tata-kelola data perencanaan pembangunan daerah yang dihasilkan oleh perangkat daerah,” terangnya.

Wakil Bupati Banggai Furqanudin dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Amirudin menjelaskan bahwa kunci keberhasilan pembangunan salah-satunya adalah data yang berkualitas.

“Forum Satu Data Banggai ini dapat menghasilkan basis data yang akurat, terpadu, terpusat dan terintegrasi, sehingga data yang terpublikasi merupakan data valid, yang tentunya sebelumnya perlu dievaluasi dan divalidasi,” ucapnya.

Bupati Amirudin melalui sambutan tersebut menyatakan betapa pentingnya kegiatan untuk meningkatkan pemahaman bagi unsur pejabat teknis yang mengelola data dan informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai.

Bupati berharap, adanya kerjasama yang solid diantara perangkat daerah sebagai produsen data untuk menyamakan persepsi, agar nantinya akan menghasilkan data sektoral yang akuntabel.

Pda kesempatan itu, kegiatan Forum Banggai Satu Data yang bertemakan “Kolaborasi Dan Sinergi Tata Kelola Data Untuk Mewujudkan Satu Data Banggai Yang Berkualitas” turut menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai Lesmana P. Kulab, S.Kom dan narasumber dari BPS Banggai, Anggie Dian Pratiwi, S.ST., M.Ec.Dev serta Indra Prasetyo Wibowo, S.ST., M.P.W.P.

Turut hadir dalam kegiatan forum, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai Ramli Tongko, S.Sos., S.T., M.Si. serta sejumlah Pimpinan OPD, para Kabag di Lingkungan Setda Kabupaten Banggai, para Kasubag Perencanaan dan Admin Banggai Satu Data dari masing-masing OPD. (*/Mjd)