Pertama di Sulteng, DKISP Banggai Segera Meluncurkan Command Center

: Bupati Banggai Amirudin bersama Kepala DKISP Banggai, Lesmana Kulap. [Foto : DKISP BANGGAI]

Didukung 275 CCTV Teknologi Face Recognition

LUWUK, SULTIMNEWS — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai segera meluncurkan Command Center Pemerintah Kabupaten Banggai pada bulan April mendatang.

Hal itu sebagaimana penjelasan Kepala DKISP Banggai, Lesmana P. Kulap, kepada sejumlah wartawan, Selasa (09/01/2024). Ia menjelaskan inovasi berbasis digital ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari kesiapan Kabupaten Banggai menuju Smart City.

“Dukungan full Bupati untuk mewujudkan Kabupaten Banggai menuju Smart City. Ini yang pertama di Sulawesi Tengah, sedangkan di Sulawesi hanya ada di Makassar dan Luwuk,” terangnya.

Command Center ini, lanjut Maman sapaan akrabnya, menyediakan Super Apps, yakni aplikasi all in one, yang bisa digunakan untuk mengakses banyak layanan pemerintah sekaligus. Sehingga mempermudah dan mempercepat akses layanan pengaduan masyarakat ke pemerintah daerah.

“Di Command Center itu, Pak Bupati akan terhubung dengan Super Apps, masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan beliau. Ketika ada pengaduan atau informasi lain dari masyarakat, Pak Bupati akan meneruskan ke OPD terkait, hingga secara spesifik, diarahkan ke petugas siapa yang diperintahkan untuk menindaklanjuti informasi dan pengaduan tersebut. Serta Pak Bupati bisa memantau langsung selesai atau tidaknya penanganan pengaduan itu,” paparnya.

Command Center Pemkab Banggai juga berfungsi untuk memantau situasi masyarakat Kabupaten Banggai, khususnya dari wilayah Luwuk Selatan hingga Luwuk Utara ungkapnya.

Karena itu, 275 CCTV berteknologi Face Recognition siap memantau segala aktifitas publik dikawasan-kawasan tertentu.

“Tujuannya menciptakan rasa aman bagi masyarakat kita, mengantisipasi tindak kejahatan, memacu moral warga masyarakat agar patuh pada peraturan yang telah dibuat pemerintah,” tuturnya.

“Jumlah CCTV tersebut, masih akan bertambah menjadi 500 di tahun ini,” tambah dia.

Untuk Teknologi Command Center akan menggunakan fasilitas berkualitas luar negeri.
Ia pun memastikan teknologi tersebut bakal dikelola oleh perusahaan berlisensi dan sarat pengalaman di BSSN, BIN, dan Mabes Polri. (*/Mjd)