Kapolsek Batui Pimpin Pengamanan Unras di PT. Sawindo

Aparat kepolisian dari Polsek Batui yang dipimpin Kapolsek mengamanak unjuk rasa damar masyarakat Kelurahan Balantang, Batui, Banggai. (istimewa)

BATUI,SULTIMNEWS.id – Polsek Batui melakukan pengamanan aksi unjuk rasa (Unras) damai oleh masyarakat Kelurahan Balantang, Batui, Banggai, di jalan Seseba menuju PT. Sawindo, Rabu (6/3/2024) pukul 10.30 Wita.

Dalam aksi tersebut, massa membawa lima buah spanduk dan satu buah meja berukuran panjang untuk memblokade jalan.

Latar belakang dilakukan aksi unras tersebut oleh sekitar 30 orang massa dikarenakan, mereka meminta pengaspalan dan penerangan jalan, perekrutan tenaga kerja lokal, pengangkutan CPO Sawit yang dibatasi hanya sampai pukul 20.00 Wita serta kompensasi setiap pengapalan.

“Dalam aksi tersebut, massa sempat menahan 1 unit kendaraan roda enam milik perusahaan dan 2 sepeda motor pengangkut buah sawit milik warga,” jelas Kapolsek Batui AKP Sudirman.

Sekitar pukul 10.40 Wita, Kapolsek Batui yang memimpin pengamanan menginstruksikan agar membuka blokade jalan serta penyelesaian persoalan yang dihadapi dengan jalan musyawarah.

“Akhirnya masyarakat bersedia membuka blokade jalan hingga kendaraan yang sempat tertahan dibiarkan melintas,” tambahnya.

Lanjut, pada pukul 11.00 Wita bertempat di TK Kartini Jalan Seseba Lingkungan III, Balantang dilaksanakan pertemuan yang dihadiri Lurah dan Seklur Balantang, perwakilan perusahaan, Kapolsek Batui dan Babinsa.

“Adapun hasil dari pertemuan itu, dimana akan dilakukan musyawarah kembali di Kantor DSP Desa Honbola, Batui pada hari Jumat (8/3) dengan menghadirkan pimpinan PT. Sawindo dan 10 perwakilan masyarakat,” ungkapnya.

Usai pertemuan, massa membubarkan diri dan kembali ke rumahnya masing-masing, dan situasi aman terkendali. (*/ab)