Kapolsek Nuhon Pimpin Pengamanan Sembahyang Bersama Umat Hindu

Prosesi sembahyang bersama umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946. (DOK.ISTIMEWA)

 Nuhon,sultimnews. id – Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, dan sebagai wujud semangat melayani dan bertindak untuk melindungi, Polsek Nuhon mengamankan kegiatan sembahyang bersama umat Hindu di wilayah hukum Polsek Nuhon mengamankan jalannya sembahyang bersama, Rabu (6/3/2024) pagi.

Pengamanan yang dipimpin langsung Kapolsek Nuhon IPDA Andi Wijanarko ini melibatkan personel gabungan TNI-Polri dan Pecalang (Petugas Keamanan Adat).

Umat Hindu dari Kecamatan Nuhon dan Kecamatan Simpang Raya melaksanakan ibadah ini di lokasi wisata Pantai Hek Desa Tomeang, Nuhon oleh Parisada dan dipimpin oleh Mangku setempat.

“Sekitar 500 umat Hindu Nuhon dan Simpang Raya memadati Pantai Hek untuk sembayang sambut Nyepi,” jelas Andi.

Ia menjelaskan, sembahyang bersama ini adalah upacara yang dilaksanakan untuk menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam oleh umat Hindu.

“Dan pengamanan dan pengawalan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian,” tambahnya.

Dirinya mengatakan, bahwa kegiatan sembahyang dalam rangka Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1946 oleh Umat Hindu di wilayah hukum Polsek Nuhon selesai sekitar pukul 12.00 Wita.

“Secara umum peribadatan ini berjalan dengan aman dan kondusif,” tutupnya. (*/ab)