Antisipasi Musim Pancaroba, Polsek Toili Rembuk dengan Kelompok Tani

Bhabinkamtibmas bersama Tiga Pilar saat musyarawah dengan kelompok tani Harapan Maju 2 di Desa Sentral Timur Kecamatan Toili Jaya, Banggai. (ISTIMEWA)

 Toili, sultimnews.id – Mengantisipasi musim pancaroba dan konflik di masa bercocok tanam, Bhabinkamtibmas Polsek Toili Polres Banggai, Aiptu Sugeng Prayitno bersama Babinsa dan tiga pilar mengunjungi kelompok tani di Desa Sentral Timur Kecamatan Toili Jaya, Banggai, Kamis (7/3/2024) pagi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari solusi terbaik dalam pembagian air irigasi di persawahan karena jumlah debit air yang tidak maksimal jelas musim pancaroba.

Aiptu Sugeng Prayitno juuga menjelaskan bahwa dilakukan pembagian merata dan adil ini untuk mencegah terjadinya pertikaian atau rebutan jatah air antar petani.

“Kendala yang dihadapi dikarenakan terjadinya pendangkalan pada saluran pengairan yang mengarah ke persawahan sehingga berdampak pada pengurangan volume air untuk irigasi” jelasnya..

Sementara itu, Kapolsek Toili AKP Nanang Afrioko mengatakan kegiatan sinergis antara Bhabinkamtibmas bersama Tiga Pilar dengan kelompok tani Harapan Maju 2 sebagai wujud tugas Polri dalam menjaga kamtibmas di desa binaannya.

“Sinergitas tiga pilar di desa, harus selalu kerja sama dalam menciptakan situasi kondusif,” ujar Kapolsek. (*/ab)