PPS Banggai Dikenalkan Aplikasi E-Coklit dan SiDalih

LUWUK, SULTIMNEWS- Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih akan digelar 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Hal ini merujuk pada Peraturan Komsisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Jadwal dan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati, serta walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Berdasarkan aturan tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai gelar kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Data Pemilih (SiDalih) dan Pengenalan Aplikasi e-coklit pada Pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 yang diselenggarakan di Aula Kantor KPU Kabupaten Banggai.
Ketua KPU Kabupaten Banggai Santo Gotia mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini harus fokus dan bersungguh-sungguh agar informasi yang disampaikan dari KPU ke Tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) tidak Keliru Informasi.

Santo Gotia juga menegaskan bahwa betapa pentingnya kegiatan ini dikarenakan, permulaan tahapan sukses tidaknya Pemilihan serentak kepala Daerah khususnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai berawal dari Pemutakhiran Data Pemilih yang up to date, akurat dan mutakhir. Data Pemilih menjadi Acuan serta berkesinambungan dengan Tahapan-Tahapan Pemilihan selanjutnya. Petugas Pantarlih adalah Ujung Tombak KPU yang dapat memastikan Kualitas keakuratan dan Kemutakhiran Data pemilih.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Budysastra Bahrun, juga Menyampaikan kepada PPK selain mengikuti kegiatan BIMTEK dengan cermat agar para Peserta memitigasi Potensi Sengketa atau Pelanggaran-pelanggaran di Tingkat PPS atau khususnya Pantarlih yang akan melakukan Penelitian dan Pencocokan Data Pemilih dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) menjadi DPT, DPTb maupun DPK.

“PPK diharapkan mempunyai persepsi dan kesepahaman yang sama tentang teknis Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pantarlih,” terangnya.

Untuk PPK, PPS dan Pantarlih agar mempedomani Peraturan KPU maupun Petunjuk Teknis dalam melaksanakan Tugas Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih tersebut, Tutur Hidayat Helingo Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemili KPU Kabupaten Banggai.

Anggota Bawaslu Kabupaten Banggai Nizlawati menyampaikan agar melakukan Mitigasi terhadap pelanggaran-pelanggaran yang akan terjadi dan mengevaluasi kembali permasalahan dalam Pelaksanaan Coklit, serta membangun Komunikasi yang baik bersama Pemerintah Daerah maupun Bawaslu sesuai tingkatannya. (rls)