Bekerjasama DPMPTSP, Dinas KUMKM Banggai Sosialisasikan Izin Usaha Pengembangan KSP

Sekretaris dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Banggai Agus salim bersama jajarannya dan DPMPTSP Banggai pada kegiatan sosialisasi izin usaha KSP, Kamis (7/12/2023). [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIMNEWS – Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Koperasi dan UMKM (KUMKM) mengadakan kegiatan sosialisasi izin pembukaan kantor cabang (kanca), cabang pembantu (capem), dan kantor kas Koperasi Simpan Pinjam (KSP) se Kabupaten Banggai Tahun Anggaran 2023 bertempat di Hotel Kota, Kecamatan Luwuk, Kamis (7/12/2023).
Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dinas KUMKM Banggai Agussalim, serta menghadirkan narasumber Prayudi, S.Sos selaku kepala seksi pelayanan dan perizinan dan non-perizinan DPMPTSP Kabupaten Banggai.

Prayudi S.Sos sebagai narasumber dari DPMPTSP saat memberikan pemateri kepada peserta KSP.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang prosedur serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan izin pembukaan kantor cabang, cabang pembantu, dan kantor kas koperasi simpan pinjam.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai Helena Padeatu dalam arahannya mengungkapkan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada peserta yang menghadiri, serta dapat memperkenalkan dan menjelaskan prosedur serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan izin pembukaan kantor cabang, cabang pembantu, dan kantor kas koperasi simpan pinjam.
“Acara sosialisasi ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk berinteraksi dan tukar pengalaman dengan koperasi-koperasi lain yang sudah memiliki izin pembukaan kantor cabang, cabang pembantu, dan kantor kas koperasi simpan pinjam,” terangnya .
Pada kesempatan itu, narasumber Prayudi, S.Sos juga turut memberikan pemahaman tentang pentingnya memiliki izin berusaha termasuk dalam pengembangan izin usaha pembukaan Kanca, Capem dan kantor kas KSP.
“Petugas dari dinas DPMPTSP senantiasa melakukan pengecekan terkait berkas berkas perizinan, Dan jika tidak memiliki izin, maka Petugas akan memberlakukan sanksi sesuai aturan yang berlaku saat ini,” tegasnya. (*/Asw)