Bangga, Budaya dan Pariwisata Banggai Diperkenalkan di Ajang Festival Pemuda Sedunia

Gisel Luigi Septiana bersama peserta dari berbagai negara di event world Youth festival.

LUWUK,SULTIMNEWS.id-Dosen muda Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Gisel Luigi Septiana,  memperkenalkan budaya dan pariwisata Daerah Kabupaten Banggai melalui event world youth festival 2024 di Sochi, Russia.   ///lead

Kegiatan itu berlangsung sejak Ahad kemarin, 3 Maret 2024, dirinya tampak mengenakan baju adat Banggai, berwarna merah yang dipadukan dengan hitam dan memiliki hiasan keemasan.

Gisel menceritakan, kegiatan ini akan berlangsung hingga Rabu mendatang, 6 Maret 2024, yang dihadiri oleh 20 ribu partisipasi dari 190 Negara.

Setiap Negara berkesempatan menampilkan budaya hingga pariwisatanya lewat booth Expo masing-masing.

Lewat kesempatan itu, Gisel menebar pesona alam Kabupaten Banggai, ia juga memperkenalkan syal Maleo, hingga membagikan brosur serta bag yang kemudian dipromosikan.

“Kebetulan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Banggai, dapat syal maleo dan brosur-brosur sama bag, jadi dipromosikan tadi,”ujar Gisel, disela-sela kegiatan Expo Booth Indonesia, world youth festival 2024 di Sochi, Russia, Ahad, 3 Maret 2024.

Menariknya, busana adat yang ia kenakan, mendapat perhatian lebih dari  peserta berbagai negara. Baru sehari berlangsungnya kegiatan, dirinya kerap diminta untuk melakukan foto bersama maupun berswafoto.

“Adat Banggai mendunia, diajak foto terus,” seru Gisel, bercampur bahagia.

Di samping itu, kata Gisel, dalam agenda world youth festival 2024, tidak  hanya melakukan Expo saja, namun terdapat pula berbagai kegiatan dilaksanakan.

Di antaranya, ada program pendidikan seperti seminar, kemudian workshop, diskusi, panel, pameran seni, pemeran pendidikan, pameran sains, pameran teknologi (cyber) serta penampilan olahraga dan masih banyak lagi.

“Bahkan nanti ada parade kostum juga dari 190 Negara,” sebutnya. (dat)