Inflasi Harga Bapok Naik, Disdagrin Gelar Pasar Murah

Dosen Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Suwardi Zakaria SE, M.S saat memberikan keterangan kepada awak media. [Foto : Aswar Poibara/Harian Luwuk Post]

LUWUK, SULTIMNEWS.id — Jelang bulan suci Ramadhan harga bahan pokok (Bapok) di pasaran mengalami lonjakan harga. Hal ini disampaikan Dosen Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Suwardi Zakaria SE, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi kepada awak media terkait dengan kenaikan inflasi di Kabupaten Banggai.

“Misalnya, dari sektor pertanian, seperti beras yang mengalami kenaikan harga di pasaran saat ini begitu tinggi,” ungkap Suardi pada Rabu (6/3/2024).

Ia mengungkapkan secara teori, ada sejumlah faktor pemicu kenaikan inflasi. “Secara global terjadi pergeseran musim, waktu tanam dan waktu panen.”

Suwardi juga menambahkan bahwa bulan suci Ramadhan, kebutuhan pokok masyarakat pun meningkat, sementara ketersediaan produksi tetap atau menurun.

Sementara itu kenaikan gaji PNS dan pensiunan bisa menjadi salah satu pemicu meningkatnya kebutuhan bahan pokok.

“Semakin tinggi pendapatan seseorang maka semakin meningkat kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

Ia berharap agar pemerintah Kabupaten Banggai bisa melakukan pengawasan terkait hal ini seperti operasi pasar, memastikan harga beras tetap stabil serta menyediakan stok beras dengan cara mengimbangi impor beras dari daerah lain bila diperlukan.

“Demi menjaga kebutuhan beras pada saat bulan Ramadhan nanti,” tutupnya.

Disdagrin Gelar Pasar Murah //

Sementara itu, dalam upaya menekan inflasi, Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Perdangangan dan Perindustrian (Disdagrin) segera melakukan operasi pasar melalui kegiatan Pasar Murah di Kota Luwuk, Kamis (7/3).

“Dalam rangka menghadapi bulan suci ramadhan dan hari besar keagamaan kami akan mengelar pasar murah untuk masyakat Kota Luwuk,” ungkap Kadisdagrin Natalia Patolemba kepada awak media (6/3).

Tujuan diadakan pasar murah, lanjutnya, selain untuk menekan inflasi dan menyambut Bulan Suci Ramadhan juga dilaksanakan menyongsong pelaksanaan Lebaran nanti.

“Selain itu juga akan dilaksanakan di sejumlah kecamatan, kita sudah siapkan baik jelang puasa dan menjelang Lebaran,” terangnya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pasar murah ini untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok ledepan. (ASW)