Program KKN Untika Berjalan Sukses

LUWUK,SULTIMNEWS.id: Universitas Tompotika (Untika) Luwuk sukses menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program KKN yang diikuti oleh 432 mahasiswa dan tersebar di 4 kecamatan berjalan dengan baik dan aman.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dosen Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, I Wayan Sudane, S.Pd, MM, selaku ketua panitia Pelaksana KKN Universitas Tompotika (Untika) Luwuk Angkatan 31.

“Sampai saat ini KKN yang di ikuti oleh 432 mahasiswa di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Toili, Kecamatan Toili Jaya, Kecamatan Toili Barat, dan Kecamatan Mamosalato berjalan dengan lancar” jelas Wayan.

KKN yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, pada hari Senin, 19 Februari 2024 akan berakhir pada hari Rabu, 27 Maret 2024.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program pengabdian masyarakat yang umumnya diterapkan di perguruan tinggi di Indonesia. Program ini mewajibkan mahasiswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat selama periode tertentu, biasanya beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tujuan utamanya adalah untuk mengintegrasikan pendidikan akademis dengan pengalaman praktis dalam membantu memecahkan masalah-masalah nyata di komunitas.

Salah satu persyaratan untuk ikut terlibat dalam program KKN adalah mahasiswa aktif di Universitas Tompotika (Untika) Luwuk semester 7 dan telah menyelesaikan 110 SKS.

Dalam KKN, mahasiswa biasanya ditempatkan di daerah-daerah yang membutuhkan bantuan, baik di perkotaan maupun pedesaan.

Mereka bekerja dalam kelompok untuk merencanakan dan melaksanakan proyek-proyek yang berfokus pada pengembangan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan masalah-masalah sosial lainnya.

KKN juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh di kampus ke dalam konteks kehidupan nyata.

“Mereka turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat, melakukan kerjabakti, seminar, penyuluhan kesehatan dan lainnya” tambah Wayan.

“Mahasiswa KKN pun ikut berpartisipasi pada kegiatan yang dilaksanakn oleh Pemerintah Kabupaten Banggai, yakni Banggai Run pada hari Minggu (3/3) beberapa waktu lalu” jelas Marselina Sattu SKM. M.Kes selaku Sekretaris panitia Pelaksana KKN Universitas Tompotika (Untika) Luwuk

Harapannya agar kepada seluruh mahasiswa KKN bisa menjalankan program nya dengan baik dan lancar sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. (TR 01/ab)